STUDI LAPANGAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINSTRATOR BPSDM PROVINSI JAWA BARAT KE DPMPTSP KOTA YOGYAKARTA

Berkenaan dengan penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2021 pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa  Barat, terdapat aktivitas Pelatihan yang perlu diikuti oleh peserta Pelatihan berupa Studi Lapangan dalam  rangka menyempurnakan penugasan serta pemahaman isu aktual dalam penerapan materi yang telah dimiliki peserta.
Studi Lapangan Kinerja Organisasi bagi para peserta PKA Angkatan I tahun 2021 dengan Lokus terpilih di Pemerintah Kota Yogyakarta, dengan pertimbangan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki unggulan dalam Inovasi Kinerja Organisasi. Adapun Studi Lapangan tersebut dilaksanakan dari tanggal 22 Maret 2021 sampai tanggal 25 Maret 2021 diikuti oleh 40 (empat puluh) peserta PKA, 3 (tiga) orang pendamping, dan 1 (satu) orang Widyaiswara, dengan  Lokus Kunjungan:

  1. Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Yogyakarta.
  2. BAPPEDA Kota Yogyakarta.
  3. Kemantren/Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta.

Sehubungan dengan penyelenggaraan PKA ini  masih dalam masa pandemi Covid-19, maka pelaksanaan studi lapangan tersebut dilaksanakan secara virtual (daring). Dalam acara tersebut Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Barat  (Dr. Ir.H. Dicky Saromi, M. Sc)  dengan didampingi Widyaiswara dan seluruh peserta PKA Angkatan I tahun 2021.
Pemerintah Kota Yogyakarta  dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Umum  (Hari Wahyudi, SE) melaksanakan daring di Ruang Kerja Staf Ahli Bidang Umum Balaikota Yogyakarta, dan narasumber dari  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi lokasi studi lapangan melaksanakan daring di masing-masing OPD. Adapun narasumber dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Yogyakarta adalah Sekretaris Dinas (Dra. Christy Dewayani, MM).

Tujuan dilaksanakannya  studi lapangan tersebut bagi  Peserta yaitu untuk mendapatkan pelajaran yang dipetik (lesson learnt), mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan strategi dan manajemen kinerja pelayanan publik sesuai lokus Studi Lapangan.  Harapannya dengan belajar di Pemerintah Kota Yogyakarta yang berkaitan dengan tujuan  studi lapangan, maka para peserta dapat mengadopsi, memodifikasi sekaligus mangadaptasi dan menyelaraskan  dengan kondisi dan situasi yang ada di Pemerintah Kabupaten  masing-masing peserta PKA.
 Dalam sambutannya Staf Ahli Bidang Umum Walikota Yogyakarta menyampaikan kepada peserta bahwa melalui studi lapangan dapat belajar tentang inovasi yang ada di Pemerintah Kota Yogyakarta dan diharapkan nantinya dapat membuat inovasi-inovasi  yang dapat diterapkan di tempat asalnya .
Acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok studi lapangan, dan DPMPTSP Kota Yogyakarta menjadi tujuan studi lapangan kelompok I yang diikuti 13  (tiga belas) orang peserta PKA yang  berasal dari Kabupaten Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Mempawah; Anita Mulyani, S.PD, M.Pd, Raden Ade Akhsan Bratadiredja, ST., M. Si, Sri Padmoko, A. Pi., M.P., Andri Mauladi, S.P., M. Si., dr. Hj. R.R. Titie Purwaningsari, MMRS, Sandi Lesmana, ST., Dra. Ratna Juwita, M.Si., H. Nanang Suhara, S.Pd., MM., Medi Hendrawan, ST., Feri Radmadhani, S. STP., M.AP., Raja Fajar Azansyah, SE., M.AP, Irma Suryaningsih, SP., Masmudi, SE.
Setelah paparan materi pelayanan publik DPMPTSP Kota Yogyakarta disampaikan oleh narasumber, acara dilanjutkan dengan tanya jawab peserta dan konsultasi peserta berkaitan dengan pemberian pelayanan publik yang baik bagi masyarakat dan inovasi-inovasi yang ada di DPMPTSP Kota Yogyakarta. (Christy D.)

 

Apakah dengan adanya layanan secara online, pelayanan semakin :

Pilih
Hari
Jam Penerimaan
Selasa
09.00 - 13.00
Rabu
09.00 - 13.00
Kamis
09.00 - 13.00

Keterangan : "LIHAT DI PENGUMUMAN"
Hari
Jam Pelayanan
Senin - Kamis
08.00 - 14.00
Jum'at
08.00 - 11.30


Sabtu, Minggu dan Hari libur Nasional Libur

DPMPTSP Kota Yogyakarta

Jalan Kenari Nomor 56 Yogyakarta 55165 Telpon 514448. 515865, 515866, Faksimile: (0274) 555241
Email: dpmptsp@jogjakota.go.id
Website : dpmptsp.jogjakota.go.id

Kritik dan Saran
Statistik Pengunjung
  • Pengunjung (652056 Kunjungan)
  • Hits (652056 Kunjungan)
  • Hari Ini (1 Kunjungan)
  • Kemarin (0 Kunjungan)