Kembali ke halaman sebelumnya

Berita


FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) Penguatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Dinas Penanaman Modal dan (DPMP) Kota Yogyakarta Melalui “Penyederhanaan Perizinan Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS) “

      Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta sampai saat ini terus berupaya melakukan upaya-upaya untuk mempermudah layanan publik, khususnya pelayanan perizinan untuk masyarakat melalui inovasi-inovasi pelayanan  sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat, salah satu yang sedang dikembangkan adalah penyederhanaan perizinan usaha. Dengan dihapusnya layanan Izin Gangguan (HO) sebagaimana diamanatkan dalam Peraturaan Menteri dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Pencabutan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2009 Tentang Pedoman Penetapan Izin Gangguan di Daerah sebagaimana telah Diubah dengan Pencabutan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2009 tentang Pedoman Penetapan Izin Gangguan di Daerah , maka secara otomatis  Izin Usaha Toko Swalayan  (IUTS) menjadi pilihan yang akan dijadikan legalitas untuk usaha di bidang Usaha Toko Swalayan.

      Adapun penyederhanaan  IUTS tersebut menyangkut beberapa aspek yaitu antara lain dalam hal penyederhanaan persyaratan, waktu proses penerbitan izin maupun  prosedur dan mekanisme pelayanan. Penguatan penyederhanaan pelayanan perizinan tersebut, diaktualkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dengan diterbitkannya Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perizinan Pada Pemerintah Kota Yogyakarta dan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 42 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 29 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Dan Non Perizinan Pada Pemerintah Kota Yogyakarta

 

      Dalam peraturan tersebut secara tegas telah memberikan kewenangan yang luas  kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai penyelenggara pelayanan untuk membuat kebijakan teknis dalam pelaksanaan pelayanan.

 

      Sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat yang mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi yang salah satunya mengkait dengan upaya penyederhanaan perizinan di daerah dalam rangka mendukung dan peningkatan investasi guna  meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, maka perlu adanya kemudahan dalam pelayanaan perizinan.  Kemudahan berusaha tersebut dikuatkan dengan ditetapkannya Peraturaan Presiden Nomor 91 Tahun 2017  Tentang  Percepatan Pelaksanaan Berusaha dan Peraturaan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik yang secara garis besar mempermudah dan penyederhanaan perizinan dalam berusaha.

      Dalam rangka implementasi penyederhanaan tersebut, maka DPMP Kota Yogyakarta akan berusaha juga melakukan upaya penyederhanaan  perizinan guna mendukung investasi dan percepatan berusaha di daerah. Pelaksanaan pelayanan di Kota Yogyakarta saat ini sudah dapat dikatakan baik, namun akan berusaha agar lebih baik lagi sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Salah satu yang dikembangkan di DPMP Kota Yogyakarta adalah pelayanan IUTS secara on line, yang mana pemohon mengisi semua persyaratan dari rumah melalui aplikasi yang ada di Web DPMP  Kota Yogyakarta dan pemohon tinggal ambil izinnya saja di DPMP Kota Yogyakarta. Dalam rangka pelaksanaan pelayanaan ini, telah berkembang suatu sistem Nasional dengan layanan On line Single Submission (OSS) dalam berusaha yang lebih sederhana dan mudah pelayanannya.

     Untuk mewujudkan tujuan  Penguatan Reformasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Dinas Penanaman Modal dan Perizinan  Kota Yogyakarta Melalui “ Penyederhanaan Perizinan  Izin Usaha  Toko Swalayan (IUTS)“ tersebut tentunya  harus ada kerjasama dan partisipasi dari berbagai pihak  dan  semua stakeholder yang berkaitan dengan kegiatan usaha di Kota Yogyakarta. Keberadaan  PTSP  membuat segala proses perizinan menjadi ringkas untuk internal birokrasi dan masyarakat, sehingga efektifitas PTSP memang perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Pengembangan progresif PTSP diarahkan sebagai titik tunggal penggabungan kewenangan izin, kemudian skala kewenangan penuh (yakni fungsi kebijakan dan administrasi berawal, berproses, dan berakhir di satu tempat, dan terakhir harus ada dukungan dari kapasitas organisasional (IT, SDM, aparatur, dll.) dengan tujuan utama  untuk mempermudah pelayanan perizinan usaha.

Oleh sebab itu DPMP Kota Yogyakarta menyelenggarakan  Focus Group Discussion (FGD).

Peserta Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)  terdiri dari unsur:

  1. Pelaku usaha toko swalayan yang berada di wilayah Kota Yogyakarta.
  2. Asosiasi Lembaga Perwakilan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kota Yogyakarta.
  3. Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta.
  4. Pegawai OPD terkait se  Kota Yogyakarta
  5. Camat se Kota Yogyakarta atau yang mewakili

      Peserta benar-benar diharapkan dapat memberikan masukan dan pertimbangan pokok-pokok pikiran dalam penyederhanaan perizinan  Izin Usaha Toko Swalayan  (IUTS) di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)  Dinas Penanamaan Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta. FGD dilaksanakan pada hari Kamis, 13 September 2018 di Hotel Neo Awana, Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 52 Mantrijeron Yogyakarta, dengan narasumber Suryadi, SH. M. Hum  dosen Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan Ir. Guntur Wahyu Anggoro, MM dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY.

 

Kegiatan FGD  tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta (Dra. Christy Dewayani, MM). (Christy D.)

Apakah dengan adanya layanan SIUP, TDP, Izin Penelitian dan Penyelenggaraan Reklame secara online, pelayanan semakin :

Pilih
Hari
Jam Penerimaan
Selasa
09.00 - 13.00
Rabu
09.00 - 13.00
Kamis
09.00 - 13.00

Keterangan : "Kecuali DIKLATPIM"
Hari
Jam Pelayanan
Senin - Kamis
08.00 - 14.00
Jum'at
08.00 - 11.30

DPMP Kota Yogyakarta

Jl. Kenari No. 56 Yogyakarta 55165 Telp. 514448. 515865, 515866, Fax: (0274) 555241
Email: pmperizinan@jogjakota.go.id
Website : pmperizinan.jogjakota.go.id

Kritik dan Saran
Statistik Pengunjung
  • Pengunjung (195833 Kunjungan)
  • Hits (195833 Kunjungan)
  • Hari Ini (1 Kunjungan)
  • Kemarin (0 Kunjungan)